Have an account?

Senin, 22 Maret 2010

PENDAHULUAN

Museum Perjuangan merupakan Unit II dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Hal itu terjadi sejak tanggal 5 September 1997 ketika diadakan serah terima Museum Perjuangan dari Museum Negeri Provinsi Sonobudoyo kepada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Berdirinya Museum Perjuangan tidak dapat dilepaskan dengan peringatan setengah abad kebangkitan nasional. Gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang menginginkan adanya sebuah tinggalan bagi generasi mendatang terkait dengan peringatan setengah abad kebangkitan nasional.

Lahirnya jiwa nasionalisme Indonesia yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo tanggal 20 Mei di Jakarta, merupakan tonggak sejarah bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Organisasi Budi Utomo merupakan pelopor berdirinya organisasi modern yang pertama, dalam arti mempunyai pimpinan, anggota, dan ideologi yang jelas.

Berdirinya Budi Utomo diikuti oleh berdirinya organisasi-organisasi lain. Organisasi yang semula bergerak dalam bidang sosial, budaya, bahkan keagamaan, lama kelamaan mengalami perubahan dengan berorientasi pada bidang politik. Nilai-nilai nasionalisme yang lahir dengan berdirinya Budi Utomo, semakin berkembang secara simultan, bukan saja menjangkau partai-partai politik tetapi juga organisasi-organisasi pemuda.

Para pemuda dan pelajar dari berbagai organisasi mulai bergabung dalam suatu wadah yang sama yaitu Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang didirikan pada tahun 1926. Mereka kemudian menyelenggarakan Kongres Pemuda Pertama pada bulan Mei 1926. Mereka ingin mengesampingkan perbedaan-perbedaan berdasarkan daerah dan ingin menciptakan kesatuan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar